Selasa, 29 Desember 2015

Laporan Pertanggungjawaban Rapat Pleno DPP Santo Petrus dan Paulus Baturaja Nov 2015


KATA PENGANTAR

Puji syukur dan terima kasih kami panjatkan ke hadiran Tuhan Yang Maha Kasih, yang telah melimpahkan berkat dan bimbingan-Nya sehingga Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Rapat Pleno Dewan Pastoral Paroki Santo Petrus dan Paulus Baturaja Tahun 2015  dapat terselesaikan dengan baik tepat pada waktunya.
Laporan  ini terdiri atas tata cara pelaksanaan Rapat Pleno, Laporan/evaluasi kerja umum dari Dewan Harian, Laporan/evaluasi kerja dari Bidang Liturgi, Bidang Katekese, Bidang Persekutuan, Bidang Pelayanan serta laporan/evaluasi kerja dari Wilayah selama tahun 2015 yang memberikan gambaran situasi Paroki Santo Petrus dan Paulus Baturaja Tahun 2015.
Pada kesempatan ini, perkenankan kami mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1.       Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Baturaja Tahun 2015 RD. Yohanes Kristianto dan RD. Dionisius Anton Liberto (Direktur P.A. Rumah Yusup) atas bimbingan dan kerjasamanya yang baik selama ini.
2.      Rekan-rekan pengurus dari Dewan Harian, Ketua-ketua Bidang, Seksi-seksi beserta anggota, Tim Kerja beserta anggota, Ketua-ketua Wilayah, Stasi dan para Ketua Lingkungan atas bantuan dan kerjasamanya yang baik.
3.      Pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu serta semua pihak atas bantuan, keterlibatan dan partisipasinya.

Semoga laporan ini bermanfaat bagi seluruh umat, khususnya bagi kepengurusan Dewan Pastoral Paroki periode yang akan datang. Terima kasih.



                                                                                    Baturaja, 15 November 2015
                                                                                    PANITIA
                                         Dewan Harian


Sekapur Sirih
Ketua DPP St. Petrus dan Paulus




            Sesuai peraturan KAPAL, bahwa minimal satu tahun sekali DPP wajib mengadakan rapat dewan pleno.Tujuannya jelas untuk melakukan evaluasi program kerja satu tahun belakang sekaligus menjadi fórum masukan untuk program tahun berikutnya.Jadi pleno menjadi sangat penting bagi kehidupan Gereja.
            DPP St. Petrus dan Paulus Baturaja menyadari bahwa hanya dengan membangun kebersamaan sebuah Gereja menjadi lebih hidup. DPP berkomitmen dan menghimbau pada segenap pengurus DPP (Harian, Inti, bidang, wilayah) dan stasi untuk menjalin persekutuan (berkumpul) minimal 3 bulan sekali, agar koordinasi dan pelayanan pada umat berlangsung dapat optimal. Pengurus DPP dan stasi pada hakekatnya sebagi animator/penggerak pelayanan. Semakin banyak umat mau terlibat dalam program yang direncanakan, maka Gereja kita akan semakin hidup.
            Tantangan bagi DPP saat ini, bahwa rapat dewan pleno masih dianggap kegiatan rutin yang menghabiskan waktu saja dan terkesan agak dipaksakan. Mulai dari persiapan yang seadanya dan harus selalu dingatkan, walaupun juga ada beberapa anggota yang bekerja penuh antusias. Tingkat kehadiran dan animo anggota dewan pleno juga kurang memuaskan, hanya sekitar 60-70% yang hadir, itupun tidak semuanya mengikuti penuh dari awal sampai akhir acara. Namun pada akhirnya, DPP menyadari konsekuensi sebuah organisasi yang berlandaskan komitmen panggilan dan spriritualitas anggotanya, yang memang harus selalu diperbaharui dan diperjuangkan terus menerus.
            DPP St. Petrus dan Paulus Baturaja mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan penuh Romo Paroki RD Yohanes Kristianto, Pr dan juga atas partisipasi seluruh anggota Dewan Pleno, sehingga penyelenggaraan rapat dewan pleno tgl 15 November 2015 di Balai Paroki berlangsung dengan kondusif dan lancar.
            DPP berharap laporan ini, yang merupakan hasil rapat Dewan Pleno dapat menjadi referensi bagi ke empat bidang reksa pastoral, wilayah, stasi, dan lingkungan dalam membuat program kerja tahun 2016. Mohon kerja samanya agar program kerja dapat kami terima paling lambat pertengahan Januari 2016. Selamat melayani dengan kasih.

Caritas Christi urget nos
1 Yoh 4:19
”Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.”





                                                                                                Baturaja, 15 November 2015
                                                                                                Katua DPP St. Petrus dan Paulus Baturaja




                                                                                                Albertus Magnus Wilson



Profil Paroki St. Petrus dan Paulus Baturaja
2014/2015


Nama Pelindung:
Santo Petrus dan Paulus

Alamat:
Jl. Komisaris Umar No. 33,  Air Gading
Telp: 0735-322644
e-mail : PetrusdanPaulusBta@gmail.com

Wilayah administrasi:
Paroki St. Petrus dan Paulus Baturaja berada dalam wilayah administrasi kab. OKU (Kecamatan Baturaja Timur, Baturaja Barat, Peninjauan, Lubuk batang) dan sebagian wilayah administrasi Kab. Muaraenim
(Peta Wilayah Terlampir)

Lingkungan/Stasi:
Paroki St. Petrus dan Paulus  Bta meliputi  10 lingkungan dan 6 stasi, yang dibagi atas 6 wilayah:
Wilayah 1:Lingkungan Agustinus,Petrus,Paulus,Yoseph
Wilayah 2:Lingkungan Clara,Aloysius,Don Bosco
Wilayah 3:Lingkungan Yakobus,Yoh. Pembaptis,Yoh. Rasul
Wilayah 4:Stasi Tegal Arum
Wilayah 5:Stasi Merbau,Barito,Lugur
Wilayah 6:Stasi SP3,Bindu,Talang Kelompok

Pastor Paroki:
RD. Yohanes Kristianto
(Para Romo yang pernah bertugas di Paroki ini pada lamp. terpisah)

Ketua Dewan Pastoral Paroki:
Albertus Magnus Wilson

Susunan Pengurus DPP Periode 2014-2017:
(Terlampir)

Kelompok Doa:
PD Santa Maria

Ormas/Kategorial:
WKRI  Baturaja

WKRI  Tegal Arum
OMK Baturaja
OMK Stasi
REMAKA Baturaja
REMAKA Stasi

Media Paroki:
MIKPa (Media Informasi Komunikasi Paroki)
Berbentuk lembaran, terbit mingguan





Gereja/Kapel:
Gereja Paroki:”St. Petrus dan Paulus”
Jl. Komisaris Umar No. 33, Air Gading
Misa  Sabtu:  18.00
Misa  Minggu: 07.00
Misa Harian: 06.00 atau 18.00

Gereja Keluarga Kudus Tegal Arum
Misa  Minggu: 10.00
Misa Harian Jumat: 19.00

Kapel Merbau
Misa Minggu 2 dan 4: 10.00

Kapel Barito
Misa Minggu 2 dan 4:  13.00

Kapel SP3
Misa Minggu 1 dan 3:  10.00

Kapel Biara Susteran FSGM
Misa Harian: Kamis : 05.45

Jumlah Umat:
2262 jiwa (tahun 2014, sumber:KAPAL)

Karya Pendidikan :
TK/SD Fransiskus – Jl. Kom. Umar , Air Gading
TK/SD/SMP Xaverius – Jl. Akmal No. 5 Pasar Lama
SMA Xaverius – Jl. Kol. Burlian, Pusar

Karya Kesehatan:
RS. Antonio – Jl. Kom. Umar No. 33 Air Gading
Poliklinik Xaverius/Balai Pengobatan – Jl. Akmal No. 5 Komplek Xaverius

Karya Sosial:
Panti Asuhan Rumah Yusup – Jl. Kol Burlian - Pusar

Gedung Pertemuan:
Balai Paroki St. Petrus dan Paulus Baturaja

Goa Maria:
Sendang Arum – Tegal Arum

Rumah Retret:
Tegal Arum

Bumi Perkemahan:
Tegal Arum

VISI PAROKI ST. PETRUS DAN PAULUS
BATURAJA 2014-2017

Gereja Katolik St.Petrus & Paulus Baturaja yang  beriman tangguh, mandiri dalam persaudaraan sejati


KEGIATAN RAPAT PLENO
25 November 2015


I. PESERTA RAPAT PLENO
Berdasarkan Pedoman Dewan Pastoral Paroki Keuskupan Agung Palembang tahun 2012 ad Experimentum Bab IV Pasal 13 huruf b tentang kepengurusan Dewan Pleno dan Bab VII Pasal 15 huruf c tentang Tugas Dewan Pleno, Kepesertaan dalam Rapat Pleno pada tanggal 15 November 2015 adalah:

A.   DEWAN INTI :
1.       DEWAN HARIAN
2.      KETUA-KETUA BIDANG
3.      KETUA-KETUA TIM KERJA DAN ANGGOTA DALAM BIDANG
4.      KETUA SEKSI DAN ANGGOTA DALAM BIDANG
5.      KETUA-KETUA WILAYAH
6.      KETUA-KETUA STASI/LINGKUNGAN

B.   KETUA-KETUA KELOMPOK KATEGORIAL :
1.          PERSEKUTUAN DOA SANTA MARIA

C.   WAKIL-WAKIL ORGANISASI
1.         PIMPINAN SEKOLAH FRANSISKUS
2.        BIARA SUSTERAN
3.        WKRI
4.        OMK
5.         REMAKA
6.        IBU-IBU PAROKI
7.         KOORDINATOR  XAVERIUS
8.        DIREKTUR PANTI ASUHAN RUMAH YUSUP

D. TOKOH-TOKOH UMAT



Baturaja, 15   November 2015
DEWAN PASTORAL PAROKI
SANTO PETRUS & PAULUS BATURAJA TAHUN 2015
           


Mengetahui                                                                          Hormat kami,


Albertus Magnus Wilson                                                   Petrus Pryanto Halim
            Ketua                                                                                                 Sekretaris 1





II. JADWAL ACARA RAPAT PLENO
DEWAN PASTORAL PAROKISANTO PETRUS & PAULUS BATURAJA
BALAI PAROKI, 15 NOVEMBER 2015

NO
WAKTU
URAIAN
PJ
1
07.00-09.00
·   MISA KUDUS
·   Snack
·   Registrasi Peserta/undangan rapat
·   Pembukaan ::
1. Doa Pembuka
2. Lagu Santo Petrus dan Paulus
Sekretariat
Ibu-ibu Paroki


P Suyoto
Tim Liturgi
2
09.00-09.15
·   Pembacaan Peserta Rapat Pleno
·   Pembacaan Jadwal Acara Rapat Pleno
·   Pembacaan Tata Tertib Peserta Rapat Pleno
Alb. Danang
3
09.15-09.30
SPIRITUALITAS & ARAHAN RAPAT PLENO
RD. Y. Kristianto
4
09.30-09.45
RAPAT DEWAN PLENO
Pemaparan /Evaluasi Umum dari Ketua DPP
AM Wilson (Pemimpin rapat), P Priyanto (Notulis)
5
09.45-11.45
Evaluasi Program Kerja
1.      Bidang Diakonia (Pelayanan)
2.      Bidang Kerygma (Pewartaan)
3.      Bidang Koinonia (Persekutuan)
4.      Bidang Liturgia (Liturgi)

Andreas B Tukan
Marcel Lamino
B. Maryono
J.L. Purwandoyo
6
11.45-12.00
Rekomendasi Per Bidang
AM Wilson (Pemimpin rapat), P Priyanto (Notulis)
7
12.00-12.45
MAKAN SIANG
Ibu-ibu Paroki
6
12.45-14.45
Evaluasi Program Kerja
1.      Wilayah 1 (Agustinus, Petrus, Paulus dan Yosep)
2.      Wilayah 2 (Clara, Aloysius dan Don Bosco)
3.      Wilayah 3 (Yohanes Rasul, Yakobus dan Yohanes Pembaptis)
4.      Wilayah 4 (Tegal arum)
5.      Wilayah 5 (Merbau, Barito dan Lugur)
6.      Wilayah 6 (Sp-3 dan Bindu)

Junaidi Karli

Agus Pramono

Ig. Tukiman
Andriano
Triono
Arin Subagyo
7
14.45-15.00
Rekomendasi Per Wilayah
AM Wilson (Pemimpin rapat), P Priyanto (Notulis)
8
15.00-15.10
PENUTUP- Doa Penutup
Koorbid Pewartaan




Baturaja, 15   November 2015
DEWAN PASTORAL PAROKI
SANTO PETRUS & PAULUS BATURAJA TAHUN 2015


            Mengetahui,                                                                         Sekretaris 1              
            Ketua                                                                                                


            Albertus Magnus Wilson                                              Petrus Pryanto Halim  
           


III. TATA TERTIB RAPAT  PLENO
DEWAN PASTORAL PAROKI SANTO PETRUS & PAULUS BATURAJA TAHUN 2015

BAB I
Ketentuan Umum

Pasal 1
1.    Rapat Dewan Pleno dengan suara konsultatif turut membantu dalam menentukan prioritas reksa pastoral paroki jangka panjang dan jangka pendek.
2.    Penyelenggaraan Rapat Dewan Pleno menjadi tanggung jawab Dewan Harian

BAB II
Tugas dan Wewenang

Pasal 2
1.    Menilai, melengkapi, memperbaiki dan mengesahkan rencana kerja DPP Inti yang menjadi kebijakan paroki
2.    Menerima dan menanggapi laporan kerja DPP inti
3.    Mengevaluasi pelaksanaan program kerja Dewan Pastoral paroki

Pasal 3
Waktu penyelenggaraan Rapat dewan Pleno selama 1 (satu) hari yaitu tanggal 15 November 2015

BAB III
Peserta

Pasal 4
1. Rapat Dewan Pleno dihadiri oleh peserta
2. Peserta adalah:
a. Dewan Inti (Dewan harian, ketua-ketua bidang, ketua-ketua seksi, ketua-ketua wilayah, ketua-ketua stasi/lingkungan)
b. Ketua-ketua kelompok kategorial ( WKRI, Pemuda Katolik, OMK, Biara, Panti asuhan, Pimpinan Sekolah-sekolah Fransiskus, Koordinatorat Sekolah Xaverius)
c. Tokoh-tokoh umat

Pasal 5
Setiap peserta harus mengisi daftar hadir Rapat Dewan Pleno

BAB IV
Hak Peserta

Pasal 6
1.    Penggunaan hak suara oleh peserta melalui pimpinan/ketua/kepala utusan
2.    Peserta mempunyai kesempatan dan kebebasan untuk menyampaikan pendapat atau sumbangan pemikiran yang bersifat membangun, yang secara teknis diatur oleh pemimpin rapat
3.    Peserta dalam pelaksanaan hak bicara dapat mengajukan pertanyaan, usul dan atau pendapat secara lisan, maupun tulisan
4.    Peserta berhak mendapatkan materi rapat dewan pleno dan fasilitas lainnya yang telah ditentukan

Pasal 7
1.    Pertanyaan atau pendapat yang diajukan harus disusun secara singkat untuk disampaikan setelah diizinkan oleh pemimpin Rapat
2.    Apabila dipandang perlu, bentuk, isi dan sifat pertanyaan dapat diperjelas oleh pemimpin rapat
3.    Pemimpin rapat berhak mengambil kesimpulan atas pertanyaan atau pendapat itu


BAB V
Alat Kelengkapan Rapat Pleno

Pasal 8
Pimpinan Rapat Pleno adalah Ketua Dewan harian DPP ST. Petrus dan Paulus Baturaja

Pasal 9
Pimpinan Rapat Pleno berkewajiban :
a. Memimpin rapat agar tetap  dalam suasana kebersamaan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan untuk mufakat
b. Berusaha mempertemukan pendapat. Menyimpulkan pembicaraan, mendudukan persoalan pada proporsinya serta meluruskan pembicaraan penanggap sesuai acara rapat

Pasal 10
Pimpinan rapat terdiri dari seorang ketua dan seorang sekretaris (notulis)

BAB VI
Tata Cara Berbicara

Pasal 11
1.    Ketentuan mengenai waktu dan lamanya pembicara berbicara diatur oleh pimpinan rapat
2.    Apabila penanggap berbicara melampaui batas waktu yang ditetapkan, pimpinan rapat harus mengingatkan penanggap agar mengakhiri pembicaraan dan penanggap harus menaati peringatan.
3.    Apabila pembicara menympang dari pokok pembahasan, maka pimpinan rapat harus menyetop dan meminta supaya kembali kepada pokok permasalahan

BAB VII
Quorum dan Tata cara Pengambilan Keputusan

Pasal 12
Rapat Pleno dinyatakan sah apabila dihadiri oleh lebih dari setengah jumlah peserta sebagimana diatur dalam pasal 4 Tata tertib ini.

Pasal 13
1.    Apabila quorum sebagaimana yang dimaksud pada pasal 12 tidak tercapai, maka rapat dapat ditunda paling dengan selang waktu paling lama 30 menit
2.    Apabila setelah penundaan, seperti yang dmaksud dalam ayat 1 masih juga belum tercapai quorum, maka Rapat dewan pleno dapat dilanjutkan dan sah.

BAB VIII
RISALAH

Pasal 14
Untuk penyelenggaran Rapat Pleno harus dibuat risalah yang dibagikan kepeda peserta  yakni Laporan jalannya Rapat secara tertulis yang berisi :
1.    Tempat dan Acara Rapat
2.    Hari/tanggal dan jam pembukaan serta penutupan Rapat
3.    Pemimpin Rapat
4.    Nama-nama peserta
5.    Pendapat, usul, saran
6.    Materi pembicaraan dalam Rapat
7.    Keputusan dan kesimpulan Rapat
8.    dan keterangan lain yang dianggap perlu untuk dicatat




BAB IX
Peraturan Peralihan

Pasal 15
1.    Segala ketentuan DPP St petrus dan paulus baturaja yang tidak sesuai dengan dengan Tata tertib Rapat Dewan Pleno  dinyatakan Tidak berlaku
2.    Ketentuan dalam Tata Tertib ini mengacu pada Pedoman Dewan Pastoral Paroki Keuskupan Agung Palembang tahun 2012 ad Experimentum Bab IV Pasal 13 huruf b tentang kepengurusan Dewan Pleno dan Bab VII Pasal 15 huruf c tentang Tugas Dewan Pleno.

BAB X
PENUTUP

Pasal 16
Segala sesuatu yang belum diatur dalam tata tertib ini akan di putuskan oleh Rapat Dewan Pleno secara musyawarah, mufakat sejauh tidak bertentangan dengan Pedoman Dewan Pastoral Paroki Keuskupan Agung Palembang tahun 2012 ad Experimentum Bab IV Pasal 13 huruf b tentang kepengurusan Dewan Pleno dan Bab VII Pasal 15 huruf c tentang Tugas Dewan Pleno.

Pasal 17
Tata tertib ini berlaku sejak tanggal ditetapkan



Baturaja, 15   November 2015
DEWAN PASTORAL PAROKI
SANTO PETRUS & PAULUS BATURAJA TAHUN 2015
           

            Mengetahui,                                                                            Sekretaris 1
            KETUA                                                                                                                     


            Albertus Magnus Wilson                                                      Petrus Pryanto Halim          

               



REKOMENDASI
RAPAT PLENO DEWAN PASTORAL PAROKI ST. PETRUS DAN PAULUS BATURAJA
15 NOVEMBER 2015



DPP:
ü  Mengingatkan pengurus lingkungan melengkapi pendataan umat di lingkungan masing-masing, agar Pastoral berbasis data mendekati kebenaran sampai di Vatikan;
ü  Standardisasi administrasi sampai tingkat lingkungan;
ü  Memberikan bantuan buku-buku Liturgi pada stasi Merbau dan SP3;
ü  Memaksimalkan sumber dana bantuan pemda untuk pembangunan Paroki dan stasi tahun 2016;
ü  Merintis usaha dana untuk jangka panjang pemasukan Paroki;
ü  Pengadaan infocus dan wireless;
ü  Menempatkan pengumuman kolekte dan DSU di bagian bawah (tidak di awal). 

Bidang Diakonia(Pelayanan):
ü  Pengadaan kotak dan isi P3K (tensi meter) dan disimpan di sekretariat Paroki;
ü  Mengimplementasikan kontrak sewa untuk penyewa Balai Paroki;
ü  Perluasan ruang sakristi dan rehabilitasi ruang BIUD setelah mendapatkan bantuan dana pemda;
ü  Memfungsikan seksi perawatan;
ü  Memperhatikan juga kebutuhan sarana/prasarana stasi;

Bidang Pewartaan(Katekese)
ü  Membentuk tim/pengurus KAR;
ü  Bekerja sama dengan Komisi Katekese KAPAL melakukan pembinaan calon KAR lingkungan dan stasi;
ü  Membuat usulan program Kitab Suci di bulan September 2016 dan mendiskusikannya dengan DPP dan Pastor Paroki;
ü  Membuat jadwal lintas/pertukaran pemandu antar lingkungan dalam satu wilayah atau antar wilayah;
ü  Segera membuat jadwal pelayanan stasi dan konsultasi dengan Pastor Paroki;
 
Bidang Koinonia(Persekutuan)
ü  Memotivasi pendamping OMK dan Remaka Paroki;
ü  Mulai merintis tim Pastoral Keluarga;

Bidang Liturgi
ü  Membuat dan menjalankan program pembinaan lektor dan pemazmur yang telah mendapatkan pembekalan umum dari Rm Avin, sehingga 3 bulan ke depan terbentuk komunitas yang siap dilantik;
ü  Membuat jadwal petugas Liturgi 2016 dengan masukan sbb:
o   Koor ibu-ibu paroki dan wilayah dihapus;
o   Koor sekolah dijadwalkan minggu pagi;
o   Koor wilayah ditugaskan untuk event khusus
ü  Menerapkan pembaharuan tata liturgi secara bertahap dan mengacu pada keputusan Komisi Liturgi KAPAL;
ü  Memanfaatkan sms center sebagai reminder untuk petugas-petugas liturgi, dengan menyerahkan ke sekretariat (sdr Nico) daftar no hp dari lektor/pemazmur/ketua kelompok koor/tata-laksana/persembahan/ketua lingkungan/ketua wilayah/ketua PD Santa Maria/Kepala sekolah/Kesusteran dan nomor hp lain yang memang diperlukan untuk diingatkan.
ü  Membuat program pembinaan misdinar secara berkala





Rangkuman
RAPAT PLENO DEWAN PASTORAL PAROKI ST. PETRUS DAN PAULUS BATURAJA
15 NOVEMBER 2015
Pastor Paroki

Seiring dengan proses sidang pleno yang sedang berjalan maka beberapa catatan saya buat. “Air putih pelepas dahaga,  disimpan dalam teko, amatlah gigih kita bersama,  saling berbagi   di dalam sidang pleno”.”
Berbagai pandangan sudah terungkap, evaluasi dan catatan kinerja sudah di sampaikan. Banyak pendapat dan masukan yang pasti amat berharga. Lebih dari itu apapun yang kita sampaikan adalah bentuk dari keinginan kita untuk  memberi diri dan peduli bagi kemajuan paroki kita ini.
-          Bidang diakonia menyampaikan laporan, banyak yang sudah dilakukan, tidak sedikit yang masih menjadi pr dan harapan: ruang BIUD sudah saatnya untuk di renovasi ( bahasa yang dipakai oleh beberapa peserta “sudah tidak layak” ) ; program beasiswa akan tetap dipertahankan, karya sosial harus dikembangkan karena menjadi ciri khas Gereja, tinggal bagaimana perwujudannya.
Taman Maria sudah menanti untuk memberi wajah devosi bagi paroki, yang menurut monitoring agak kurang dihidupi.
Mengurusi sarana tidaklah mudah,  lebih rumit lagi mengurusi manusia, mulai dari yang hidup sampai dengan yang mati,  itulah bagian tugas diakonia.  Tapi pantas diberi apresiasi bagi bidang ini yang telah memberi perubahan.
-          Bidang Pewartaan tidak kalah menyampaikan laporan, karena merasa bidang ini sangat strategis untuk pemberdayaan iman umat. Yang diperhatikan bukan hanya bina iman dewasa, tetapi terlebih bagi anak-anak, entah yang sekolah di negeri atau yang dididik di sekolah katolik. Mereka yang mau dibabtis bayi atau dewasa tidak luput dari karya bidang ini. Banyak hal yang sudah dilakukan, namun tidak sedikit  yg perlu diperhatikan ke depan. Koordinasi  dari banyak pihak menjadi penting untuk meningkatkan lagi semangat pewartaan apalagi sudah ada yang disebut KAR ( Katekis Akar Rumput) .  Muncul perasaan  pemandu dari lingkungan sendiri membosankan” maka lebih baik pemandu dari paroki saja.. weleh..weleh ,  pertanyaannya adalah lha...paroki itu siapa ya? Bukankan kita semua! Mungkin solusinya adalah “pemandu oplosan”
-          40 % program yang baru terealisasi sementara yang 60% belum terlaksana, itulah penegasan yang disampaikan oleh bidang persekutuan. Semua yang sudah dilakukan pasti sudah memberi warna dalam  dinamika paroki yang tercinta ini, mulai dari mengundang calon bupati untuk bulan kebangsaan, sampai pada dinamika anak-anak, remaja dan omk. Ibu- ibu Paroki  tidak luput dari perhatian bidang ini. Pertanyaannya sudahkan semua mewujudkan Persekutuan di Paroki tercinta ini.
Bagaimana yang  60% program yang belum terealisir bisa diwujudkan? Itulah yang harus menjadi pemicu semangat semua pihak yang terkait. Agar pada bagian ini gereja kita mendapatkan kekuatannya.
-          Bidang liturgi  lain lagi, Personalia atau petugas liturgi sepertinya menjadi  masalah tersendiri, mulai dari misdinar, koor, tatalaksana, lektor, pemazmur,dll. Potensi ada tinggal bagaimana pendampingannya.
Sarana dan prasarana  liturgi sudah ada tanda tanda perbaikankan, tapi sekaligus undangan kepada semua untuk ikut memeliharanya . 
AC  di gereja sudah membuat nyaman, mudah-mudahan tidak membuat mata mudah terpejam. 
Musik inkulturasi dan modern menjadi variasi, memperkaya kasanah liturgi kita. Semua dibuat supaya ibadah umat menjadi hidup dan bermakna.
Umat tanpa liturgi kehilangan maknanya yang mendasar,liturgi tanpa umat ya untuk apa.
Maka liturgi menjadi penting untuk umat Allah... Lalu apa yang menjadi  tanda bahwa kita menganggap bahwa liturgi itu penting, antara lain dengan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada.
Tata liturgi yang indah hanya bisa terjadi jika semua yang terlibat dalam liturgi itu saling  melengkapi.
-          Paroki St Petrus dan Paulus Baturaja terdiri dari 6 wilayah. dan setiap wilayah menjadi wadah koordinasi antar lingkungan yang ada di dalamnya. Gerak dan dinamika umat tergambar bukan hanya di pusat paroki tetapi juga di wilayah dan lingkungan-lingkungannya.
Ungkapan kegembiraan tapi juga keluhan menjadi  kesungguhan dari para pengurus wilayah dan lingkungan untuk menjalankan pelayanannya. Mulai dari menunjuk petugas liturgi, sampai dengan mengatur pertemuan lingkungan atau peristiwa-peristiwa di lingkungan.
Pembagian paroki menjadi  6 Wilayah menjadi suatu tanda bahwa paroki kita ini satu kesatuan utuh, baik yang ada di Baturaja, maupun yang ada di stasi-stasi.
Penyampaian presentasi dari wilayah menjadi tanda juga bahwa wilayah ada eksistensinya. Sekiranya ada masalah itulah bahan yang perlu diperbaiki di kemudian hari.
Semua wilayah dan lingkunan menyebut ttg optimalisasi KAR (katekis akar rumput), tanda bahwa KAR sangat dibutuhkan di lingkungan, tentu menjadi catatan bagi bidang terkait untuk  memfasilitasi pemberdayaan mereka lewat agenda pendampingan di saat kedepan.

Semua bidang sudah presentasi,  semua wilayah sudah unjuk diri. dan tergambar sudah wajah paroki kita...yang bagus, yang belum bagus tergambar sudah,,,Pertanyaannya adalah sekarang kita mau apa...kita  hanya menjadikannya sebagai arsip yang mengisi ruang sekretariat, atau menjadikannya pemicu semangat untuk maju, seiring visi paroki “beriman tangguh, mandiri dalam persaudaraan sejati.  Kita semua bekerja dalam bingkai pelayanan, pelayanan adalah suatu tindakan yang didasari dengan keiklasan, ketulusan, kesetiaan dan iman mendalam.

Mari kita semakin beriman dan semakin tangguh melayani. Tuhan memberkati kita semua.

Catatan pandangan mata:
1.       Misdinar perlu  diberi perhatian dalam pembinaan.
2.      Perhatian pada pengembangan kaum muda.
3.      Sie keluarga perlu koordinasi.
4.      Kegiatan berdevosi masih belum maksimal.
5.      Wadah remaka perlu diperhatikan.
6.      Infocus dan wireless
7.      OMK perlu pendampingan.
8.      Sie Kitab Suci perlu lebih berdaya.
9.      Perlu ditegaskan penggunaaan Balai Paroki/sewa/khusus untuk umat luar.
10.   Renovasi Ruang BIUD sudah mendesak.
11.    Pendataan system komputerisasi diperlukan/sesuai dengan masanya.
12.   Petugas liturgi perlu dibina.


                                                                                    Baturaja, 15 November 2015
                                                                                    Pastor Paroki St. Petrus dan Paulus Baturaja



                                          RD. Yohanes Kristianto































Kronik  Paroki November 2014-Nov 2015

          Rapat Pleno-1 7 Des 2014

          Natal 2014

          Paskah 2015

          Pembekalan dan Pelantikan Prodiakon tgl 9-10 Mei 2015

          Merangkai Syukur ke 49

          Rekoleksi DPP Pleno 2 Juni 2015 di Tegal Arum

          SEKAMI KAPAL akhir Juni 2015 di MUSI

          Porseni OMK Dekanat 2 1-5 Juli 2015 di Tegal A.

          Pembekalan Lektor dan Pemazmur  7-8/11/ 2015

          Rapat Pleno-2 15 Nov 2015




















Laporan Evaluasi Bidang & Wilayah

DAFTAR ROMO/PASTOR YANG PERNAH BERKARYA
DI PAROKI SANTO PETRUS & PAULUS BATURAJA

NO.        NAMA PASTOR                               TAHUN BERKARYA

1.             Th. Borst SCJ                                       1948 – 1952         Pastor Paroki Perintis     
2.             JHE. Belle Makers SCJ                      1952 – 1957         Pastor Paroki
3.             JH. Soudant SCJ                                 1957 – 1958         Pastor Paroki
4.             J. Boonen SCJ                                      1958 – 1960         Pastor paroki
5.             J. Van Kaam SCJ                                1960 – 1964         PastorParoki,
6.             L. Kwenten SCJ                                  1964                       Pastor Paroki
7.             Abdi Putro Raharjo SCJ                   1964 – 1972         Pastor Paroki
8.             Nico Van Steekelenburg SCJ          1972 – 1981         Pastor Paroki
9.             Fredy Bambang Sutarno Pr            1981 – 1986         Pastor Paroki
10.          AG. Sumaryono Pr                           1986 – 1992         Pastor Paroki
11.          B. Clemens Wuwur Pr                     1992 – 1997         Pastor Paroki                     
12.          M. Nico Djumari Pr                          1996 – 1999/2000  Pastor Paroki
13.          Simon Margono Pr                           2001 – 2006         Pastor paroki
14.          Silvester Joko Susanto Pr                2007 -  2012         Pastor Paroki
15.          Makarius Samandi, Pr                    2012 -  2015         Pastor Paroki
16.          Yohanes Kristianto, Pr                    2014 -  .....             Pastor Paroki


  

KEUSKUPAN AGUNG PALEMBANG
DEWAN PASTORAL PAROKI
SANTO PETRUS DAN PAULUS BATURAJA

Sekretariat: Jl. Komisaris Umar No. 33 – Air Gading, Baturaja  32121
Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan Tlp. 0735-320286 , e-mail: PetrusdanPaulusBta@gmail.com
UNDANGAN
Beriman Tangguh, Mandiri dalam Persaudaraan Sejati


                                                                                                            Baturaja, 12 November 2015
Nomor             : 01 /U-RP/DPP-ST.PP.BTA/XI/2015                    
Perihal             : RAPAT PLENO DPP ST. Petrus & Paulus Baturaja
Lampiran         : Jadwal Rapat Pleno

Kepada Yth. ..............................................................
di
Tempat.




Salam Kasih Kristus!

Dengan hormat kami mengundang Romo, Suster, Bapak, Ibu, Sdra/i dalam Rapat Pleno Dewan Pastoral Paroki Santo Petrus & Paulus Baturaja, yang akan diselenggarakan pada :

Hari/ tanggal   : Minggu, 15 November 2015
Pukul               : 09.00 WIB Sampai Selesai
Tempat            : Balai Paroki ST. Petrus dan Paulus Baturaja
Agenda Rapat :
1.      Spiritualitas dan arahan Rapat Dewan Pleno
2.      Evaluasi Program Kerja ( beberapa LPJ yang disampaikan sesuai PROGJA)
3.      Pemantapan Rencana Kerja
4.      Pembahasan masalah lain-lain.
5.      Rekomendasi-rekomendasi
6.      Penutup.

Kegiatan Rapat Pleno diawali dengan Misa Kudus Pukul 07.00, seluruh peserta yang diundang dalam Rapat Pleno untuk mengikuti Misa Kudus pagi.

Kami sungguh mengharapkan kehadiran Romo, Suster, Bapak, Ibu, Sdra/i dalam pertemuan ini. Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
                                                                                               

Mengetahui                                                                                         Hormat kami,


Albertus Magnus Wilson                                                                    Petrus Pryanto Halim
Ketua DPP ST. Petrus dan Paulus Baturaja                                       Sekretaris 1

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar